Ada Masalah dengan Uban, Begini Cara Mengatasinya

by -

Cara Atasi Rambut Memutih (Uban)

Rambut memutih (Uban) diusia tua adalah sebuah kewajaran dan tidak masalah. Namun menjadi masalah, ketika uban tumbuh diusia muda atau remaja. Kondisi seperti ini, tentunya mempperngaruhi penampilan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kebanyakan dari kita menempuh jalan pintas, yakni dengan mengubah warna atau menyemir (Mengecat) rambut. Bahkan ada yang sampai mencabuti rambut putih yang tumbuh dikepala. Sebaiknya hindari cara seperti itu karena akan berdampak buruk pada rambut dan iritasi kulit kepala.

Sedang mencabut rambut uban, bukan jalan keluar agar terbebas dari ranbut putih. Ada banyak penyebab rambut hitam, memutih. Salah satunya faltor keturunan (Genetik), kurang gizi, vitamin, shampo atau pembersih rambut serta stres.

Untuk menghilangkan atau terbebas dari uban, cobalah dengan cara alami seperti di bawah ini:

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa, sebagai pelembab rambut dapat memperlancar sirkulasi darah dikepala. Minyak kepala yang mengandung biotin, uap air dan kandungan lainnya, membantu merawat rambut yang kekurangan protein.

2. Lidah buaya
Lidah buaya, selain menyuburkan rambut juga bisa mencegah tumbuhnya rambut uban. Selain mudah didapat, tanaman ini mudah penggunaannya untuk mencegah uban

3. Teh hitam
Teh hitam menutrisi rambut. Dengan zat antioksidannya bisa menghambat pertumbuhan uban.

4. Kopi hitam
Kopi hitam juga bisa digunakan untuk mewarnai rambut

5. Gambas atau Oyong
Tumbuhan sayuran ini sebagai tonik yang membantu memberi folikel dan pigmen pada rambut. Caranya, campur dengan minyak kelapa lalu oleskan pada rambut hingga keakarnya Sayuran ini membantu memperbaiki akar rambut dam mengembalikan pigmen rambut.

6. Daun Kari atau Salam Koja
Ekstrak daun kari atau salam koja dapat membantu menutrisi rambut dan mencegah tumbuhnya uban pada anak maupun orang dewasa. Daun kari membantu memulihkan pigmen melanin di folikel rambu.

7. Pacar Air
Keringkan daun pacar, lalu tumbuk dan campur atau larutkan dengan air kemudian tuangkan sedikit cuka atau jeruk nipis. Rambut putih lambat laun akan hilang.

8. Urang-aring
Urang-aring mampu membantu meremajakan dan memelihara rambut. Penggunaan teratur membuat rambut menjadi hitam dan tebal atau lebat.

9. Bunga Sepatu
Menggunakan masker bunga kembang sepatu, membantu memperkuat dan memelihara rambut, serta menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

10. Daun sage
Daun sage sebagai pewarna rambut alami. Daun sage ini juga membantu mengembalikan pigmen rambut hingga keakarnya.

Penulis: Agus Purwoko (Gus Mo)
Sumber artikel : brillio.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *