Bangun Kemandirian Ekonomi, Cak Andik Ajari Ibu-ibu Membuat Sabun Cair Sendiri

by -
Ibu-ibu saat mempraktekkan sendiri membuat sabun cuci cair, dan menuangkannya ke botol bekas air mineral. (FOTO: IKW)

JOMBANG, urgensi.com – Ada banyak cara pemberdayaan ekonomi kepada warga, khususnya bagi kaum perempuan. Niatannya, agar bisa membantu menambah penghasilan bagi keluarganya. Salah satunya, dengan memberikan pengetahuan pembuatan sabun cuci cair.

Hal ini seperti yang dilakukan Andik Trisdianto, warga asal Jombang. Kepada puluhan ibu-ibu warga Dusun Gluguh, Desa Sawahan, Kecamatan Perak, Jombang, Cak Andik -begitu ia biasa disapa, mempraktekkan cara pembuatan sabun cuci cair, pada Minggu (9/12/2018).

Dengan telaten dan cekatan, Cak Andik memberikan dasar-dasar pembuatan sabun cair. Tak ayal, sejumlah ibu-ibu juga mengajukan pertanyaan, di sela-sela Cak Andik mengolah bahan-bahan yang sudah disiapkan.

Tak lama berselang, sekitar setengah jam, sabun cuci cair buatan Cak Andik, telah jadi. Kemudian, gantian ibu-ibu yang membuat sendiri sabun cair sesuai petunjuk dan arahan pembuatan dari Cak Andi. Setelah jadi, sabun cair tersebut dimasukkan ke botol bekas air mineral, dan diberikan kepada ibu-ibu yang hadir.

“Pembuatan sabun cair ini cukup mudah, dan bisa dilakukan siapa saja. Asalkan niat dan mau membuat,” kata Cak Andik, yang saat ini mencalonkan diri sebagai Anggota DPR-RI di Dapil VIII dari Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 7 ini.

Kepada urgensi.com, praktek pembuatan sabun cair ini, sudah dilakukan di sejumlah tempat, termasuk di Jombang. Pengetahuan yang dimilikinya itu ditularkan, agar warga jika membuat sabun cuci cair sendiri, tanpa membeli.

“Ya, setidaknya ibu-ibu tidak hanya bisa memakai. Tapi juga bisa membuat sabun cair. Ini juga bisa dijadikan peluang ibu-ibu untuk berbisnis sabun cair. Karena sabun cair ini bisa dijual. Ya untuk menambah penghasilan keluarga,” paparnya. (ikw/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *