Bayi Dibuang di Teras Rumah Warga Kandangan, Pelaku Masih Pelajar SMP

by -
Kondisi bayi saat di RSUD Pare, Kediri.

KEDIRI, urgensi.com – Teka-teki siapa yang tega membuang bayi perempuan pada Kamis (15/11/2018) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB, di Desa/Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akhirnya diungkap petugas kepolisian.

Bayi tersebut ditemukan di teras rumah milik Desi Putri Wulandari (23), warga Jalan Pare Baru, Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Bayi mungil tersebut berada di dalam kantong plastik berwana hitam. Bayi baru lahir tersebut, dalam kondisi tak berpakaian.

Pjs Kapolsek Kandangan, AKP Hadi Purnomo mengatakan, pelaku berinisial VE (16) warga Kecamatan Kandangan, yang tidak lain adalah kerabat pemilik rumah dimana bayi tersebut ditemukan.

Menurutnya, kasus tersebut terungkap, berdasarkan hasil penyelidikan Satreskrim Polres Kediri, setelah mendapat laporan adanya penemuan bayi di rumah Desi Putri (25). Dari berbagai informasi, petugas kemudian menemukan titik terang siapa ibu dari bayi perempuan itu. Dia adalah VE, yang masih pelajar kelas 9.

Kecurigaan petugas, diawali dengan kondisi VE layaknya seorang perempuan yang baru melahirkan. Untuk memastikannya, VE pun dibawa ke Pukesmas setempat. Dari keterangan dokter pukesmas setempat membenarkan jika VE baru saja melahirkan.

Dari situ, petugas langsung memeriksa VE terkait hal tersebut. Hingga saat ini, Unit PPA Polres Kediri, masih melakukan pemeriksaan terhadap VE dan masih dilakukan pendalaman.

“Kita mengamankan seseorang yang diduga sebagai ibu dari bayi tersebut. Kasus ini sekarang dalam proses penyidikan Unit PPA Polres Kediri,” tegas AKP Hadi Purnomo.

Sementara itu, bayi perempuan tersebut akhirnya meninggal dunia di RSUD Pelem Pare. Hal ini karena kondisinya yang lemah, setelah dibuang ibunya. Dari pemeriksaan medis oleh tim dokter diketahui bahwa bayi itu lahir secara prematur. Sehingga, butuh penanganan intensif. Namun karena dibuang pasca dilahirkan, kondisi bayi makin melemah dan akhirnya meninggal dunia di rumah sakit.

Sebelumnya, pada Kamis (15/11) sekitar pukul 02.30 WIB, seorang bayi perempuan ditemukan di Desa/Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Kejadian ini diketahui Desi Putri Wulandari, pemilik rumah. Dini hari itu, Desi mendengar ada orang yang mengetuk pintu rumahnya sekitar pukul 01.00 WIB. Mendengar suara itu, pemilik rumah bangun, kemudian membukakan pintu rumahnya. Tapi tidak ada satu orang pun.

Desi justru melihat ada sebuah klantong plastik berwarna hitam. Kantong plastik tersebut ditaruh di atas keset. Saat diperiksa, Desi kaget karena terdapat bayi perempuan baru dilahirkan tidak memakai baju. Sontak saja, peristiwa ini membuat geger warga setempat.

Peristiwa ini langsung dilaporkan ke Polsek Kandangan Kediri. Hasil pemeriksaan awal, diduga bayi tersebut lahir prematur di usia kehamilan sekitar 7 bulan, berat 1,2 kg dan panjang 36 cm. Kemudian, bayi dibawa ke RSUD Pare Kediri. (nas/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *