Caleg PKB Kabupaten Mojokerto Dibacok Orang Gila, Saat Pelatihan Kesehatan Jiwa

by -
Mas'ud, orang gila yang membacok Pitung Hariono, Caleg PKB Kabupaten Mojokerto, saat diamankan petugas.

MOJOKERTO, urgensi.com – Pitung Hariono, mantan Kepala Desa (Kades) Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerjo, yang kini menjadi Caleg dari PKB, terkena bacokan senjata tajam yang dibawa orang gila (Orgil).

Informasi yang dihimpun, Orgil yang membacok Pitung Hariono itu, diketahui bernama Mas’ud (30) warga Dusun/Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Ia mengalami gangguan jiwa selama 10 tahun.

Peristiwa ini terjadi, saat Dinas Kesehatan Provinsi Jatim menggelar pelatihan kesehatan jiwa di Desa Sambiroto, pada Kamis (29/11/2018) sekitar pukul 09:00 WIB.

Petugas Latihan Kesehatan Jiwa (PLKJ), Dinkes Kota Mojokerto, Nur Aini mengatakan, kejadian ini bermula saat petugas dari Dinkes melakukan uji praktek hasil dari pelatihan yang bertepatan di Desa Sambiroto.

Saat ditanya-tanya oleh petugas, Masud ini baik-baik saja. Namun, datang perangkat desa dan tetangganya, dan meminta Mas’ud mandi. Sontak saja, Mas’ud tiba-tiba mengamuk, menendang, dan membawa pisau yang diambil dari dapur.

Petugas spontan melarikan diri dan mencari lokasi aman. Namun nahas bagi Pitung Hariono. Ia terkena sabetan pisau di lengan kirinya. Setelah mendapatkan perawatan, Caleg PKB ini langsung pulang.

Istri korban mengaku, jika suaminya sedang beristirahat. “Bapak lagi istrahat, tadi habis jatuh. Jadi tidak berani membangunkan, takut mengganggu. Iya benar, tangan kiri yang luka,” ungkapnya, Kamis (29/11/2018).

Sementara Mas’ud, langsung diamankan oleh petugas. Ia kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang, Kabupaten Malang. Ia dirujuk, dikhawatirkan akan melukai warga lagi. (sm/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *