Desa Banasare, Masuk Tiga Besar Nominasi Lomba PHBS Tingkat Provinsi Jatim

by -
Tim penilai dari Provinsi Jatim, didampingi Sekdakab Sumenep beserta jajaran Pemkab Sumenep, saat di Balai Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. (FOTO: TRIS)

SUMENEP, urgensi.com – Desa Banasare, kembali menjadi perhatian pemerintah. Kali ini, desa yang yang dikenal dengan segudang prestasinya ini, masuk nominasi tiga besar dan mempertaruhkan nama baik Kabupaten Sumenep pada lomba Kesatuan Gerak PKK KB-Kes kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) 2019 tingkat Provinsi.

Adapun tiga besar yang masuk nominasi adalah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Sumenep.

Tim penilai dari Provinsi Jawa Timur beserta rombongan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, DPMD dan TP PKK Provinsi, serta leding sektor lainnya, melakukan penilaian di Balai Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (10/1/2019).

“Dalam Lomba PKK KB-Kes kategoti PHBS itu, Kabupaten Sumenep diwakili oleh Desa Banasare. Di desa yang berpenduduk sekitar 3.212 jiwa itu, indikator PHBS sudah berjalan dengan baik,” sebut Lilik Haerawati, Sekretaris TP PKK Banasare, saat presentasi di depan tim juri.

Kedatangan tim penilai di Banasare, mendapat sambutan hangat dari seluruh elemen masyarakat, jajaran pemerintah, pengurus dan kader PKK serta tokoh adat desa setempat. Dari jajaran Forpimka, juga hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Edi Rasiyadi, Kepala Dinas Kesehatan Dr Fatoni, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Herman Purnomo Hanafi, Camat Rubaru Arif Susanto, serta undangan lain.

Bupati Sumenep melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasiadi, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada tim penilai dari Provinsi Jawa Timur. Pihaknya juga memaparkan berbagai keunggulan Kabupaten Sumenep yang merupakan Kota Keris, terdiri dari ratusan pulau, serta program Kabupaten Sumenep seperti Visit Sumenep Tahun 2018 yang dilanjutkan dengan program Visit Sumenep tahun 2019.

Sekdakab Sumenep menyampaikan, dipilihnya Desa Banasare sebagai peserta Lomba Kesatuan gerak PKK – KB – Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) 2019 karena Desa Banasare memiliki banyak keunggulan, seperti Lomba PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) Juara 1 tingkat Kabupaten, juara 1 lomba cerdas cermat tingkat Kabupaten Sumenep.

Selain itu, sinergi semua unsur dari pemerintahan desa. Kepala desa yang peduli terhadap kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur yang ada di desa. “Yang lebih penting adalah giat kepala desa demi kemaslahatan bagi masyarakat,” ungkap Sekda Edy Rasiadi.

Ketua Tim Penilai, Ibu Heny Diniwati, Pengurus TP-PKK Provinsi Jatim menyampaikan, Pemilihan atau penilaian kali ini memang mendadak sekali. Hal tersebut terkait dengan surat Ketua Umum PKK Pusat yang memajukan berbagai kegiatan PKK sebelum Pemilu.

Menurutnya, Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan adalah upaya sinergis untuk meningkatkan pencapaian sasaran pelayanan yang ada baik untuk kegiatan PKK, keluarga berencana, maupun kesehatan.

Selain itu, tambah Heny Diniwati, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Gerakan dan menjadi kampanye dunia untuk menekan angka kematian pada anak karena diare dan infeksi saluran pernafasan.

Usai sambutan dan pemaparan selesai, tim penilai langsung turun lapangan melakukan penilaian. (kar/tris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *