Dianggap Langgar Aturan, APK Caleg ini Dicopot Bawaslu dan Satpol PP Kediri

by -
Petugas saat melakukan pencopotan baliho Caleg DPR-RI dari Partai Nasdem, karena dianggap melanggar aturan. (FOTO: CHY)

KEDIRI, urgensi.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kediri, menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK), yang terpasang di wilayah Kabupaten Kediri, yang dinilai menyalahi aturan.

Tim penyapu APK mulai bergerak di wilayah Kecamatan Ngasem hingga wilayah Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, melalui Syaifudin, Bidang Hukum Bawaslu Kabupaten Kediri mengatakan, penertiban APK tersebut dilakukan dengan menyasar APK yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena APK yang terpasang itu dipasang di tempat-tempat yang dilarang oleh aturan, seperti terpasang di jalan protokol, dipaku di pohon, terpasang di baliho ukuran besar tanpa mengantongi izin dari DPMPTSP Kabupaten Kediri.

“Untuk menertibkan APK yang melanggar aturan itu, Bawaslu melibatkan Satpol PP,” terang Syaifudin kepada urgensi.com, saat memantau Anggota Satpol PP melepas baliho bergambar Caleg DPR RI Vena Melinda dari Partai Nasdem yang belum memiliki izin, di Jalan Dr Soetomo Pelem Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Syaifudin menambahkan, penertiban APK yang melanggar aturan itu dilakukan secara serentak hari ini. Dengan begitu, ada sinergitas antara Bawaslu dengan Satpol PP.

“Dalam penertiban APK yang melanggar aturan, Bawaslu dan Satpol PP sudah berkomitmen untuk terus berupaya melakukan penertiban secara bersama-sama. APK berupa spanduk, baliho, baner, dan pamflet, rata-rata merupakan milik para Caleg,” ungkapnya. (cahyo/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *