DKPP Kabupaten Kediri Beri Pelatihan Pengembangan Usaha di Desa Jambean

by -
Pembukaan Pelatihan Pengembangan Kreasi Kuliner UKM di Desa Jambean, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. (FOTO: CHY)

KEDIRI, urgensi.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Jambean, Kecamatan Kras, memberikan Pelatihan Pengembangan Kreasi Kuliner UKM kepada warga untuk peningkatan ekonomi masyarakat, di Gedung Kantor Desa Jambean, Rabu (5/12/18).

Dalam sambutannya, Kades Jambean, Hari Amin mengatakan, pelatihan hari ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pelatihan kreasi kuliner UKM. Hal ini, menjadi modal dan menjadi jalan untuk bisa menciptakan usaha kecil menengag di lingkungan desa Jambean.

“Kami percaya, dengan digelarnya pelatihan ini, warga bisa memiliki skill sebagai pelaku UKM yang harus dikembangkan. Mereka harus mendapat wadah untuk pengembangan dirinya. Khusus bagi warga yang ingin mendapatkan keterampilan, kami memberi kesempatan kepada warga untuk mendapat pembekalan pelatihan keterampilan kerja,”

Nantinya, lanjut Kades Hari Amin, pelatihan berupa pembuatan abon dan nugget ini menjadi produk unggulan dan selanjut bisa didirikan UKM. “Yang terpenting, masyarakat dapat memiliki kegiatan usaha dan merasa senang dalam menggelutinya,” tambahnya.

Sementara itu, Agus Hari dari pihak DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan) dalam sambutannya, menekankan agar peserta nantinya dapat memiliki usaha di bidang nugget dan abon.

“Nantinya kan bisa menerima pesanan, menjual sendiri. Suami kerja di sawah, istrinya buat abon dan nugget, jadi bisa membantu ekonomi keluarga. Dan nanti kalau sudah ahli buat abon dan nugget, bisa berkreasi dari lele dan lain lain,” ungkapnya.

Pelatihan ini rencananya digelar selama 2 hari. Untuk pelatihan pembuatan abon pada Rabu (5/12/2018), dan esoknya untuk pelatihan nugget. Pelatihan diikuti oleh sekitar 30 ibu-ibu PKK dari warga Desa Jambean. (cahyo/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *