Galian C di Sekitar Situs Makam Jago Panjilaras Mojokerto, Masih Beraktivitas

by -
Tampak sejumlah alat berat sedang melakukan aktivitas penambangan di lokasi, yakni di sekitar Makam Jago Panjillaras.

MOJOKERTO, urgensi.com – Aktivitas galian C yang berlokasi tak jauh dari situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Lebak Jabung, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, masih saja terus menggeliat.

Pantauan di lokasi, pada Sabtu (29/6/2019), tampak sejumlah alat berat atau becho tampak beraktivitas melakukan penambangan di sekitar Makam Jago Panjilaras ini. Selain itu, juga terdapat puluhan dump truk lalu-lalang memuat hasil galian yang dikeruk alat berat tersebut.

Kondisi ini, seolah penambang tidak peduli terhadap nasib lokasi situs bersejarah ini. Juga, aktivitas galian tersebut, seolah tak ada upaya penanganan atau penindakan serius dari pihak aparat penegak hukum.

“Kami menyayangkan kondisi ini. Seolah-olah aktivitas galian tersebut terkesan dibiarkan. Kami sangat khawatir dengan kemungkinan rusaknya situs bersejarah serta lingkungan sekitar,” ungkap salah seorang warga setempat di lokasi, dan meminta namanya tidak dicantumkan.

Kekhawatiran itu rupanya bukan tanpa alasan. Pasalnya, lanjutya, kedalaman akibat lamanya aktivitas galian ini, mencapai sekitar 65 meter. Dan lagi, lokasi galian tersebut sudah mengepung Makam Jago Panjilaras.

“Kami sangat meminta kepada pihak penegak hukum, agar turun ke lokasi penambangan dan menindaknya secara tegas. Tentu, kami khawatir dengan efek negatif yang ditimbulkan dari penambangan pasir dan tanah urug tersebut,” pintanya. (nas/urg)

Baca Juga: Galian C Terkesan Dibiarkan, Situs Makam Jago Panjilaras di Mojokerto Terancam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *