Konvoi Persik Kediri Terjunkan 100 Personil Gabungan, 45 Pelanggar Lalin Ditilang

by -
Petugas saat meminta salah satu pengendara motor yang melanggar Lalin untuk keluar dari rombongan konvoi merayakan Persik Kediri, menjadi jawara di Liga 3 Indonesia.

KEDIRI, urgensi.com – Ribuan warga Kediri, khususnya suporter Persik Kediri (Persikmania) menggelar konvoi, merayakan tim sepakbola kesayangannya setelah menekuk PSCS Cilacap dengan skor 3 – 2.

Kemenangan Persik Kediri ini, sekaligus menobatkan tim berjuluk Macan Putih ini menjadi Juara Liga 3 Indonesia, tahun 2018. Konvoi yang didominasi sepeda motor ini, mengelilingi wilayah Kota Kediri sampai masuk wilayah Kabupaten Kediri, Sabtu (5/1/2019) pagi.

Sayangnya, banyak dari peserta konvoi tersebut diketahui melanggar aturan berlalu lintas. Tak ayal, mereka yang melanggar dihadang oleh petugas Satlantas Polres Kediri Kota, untuk keluar dari rombongan peserta konvoi. Sebab, penggendara sepeda motor tidak memakai helm.

Padahal sebelumnya, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kediri Kota, AKP A Risky FC melalui Kanit Turjawali Polres Kediri Kota, Ipda Priyo Hadistyo menghimbau, agar peserta konvoi tetap mentaati peraturan di jalan raya.

“Sebagian dari peserta ada yang tidak pakai helm, sehingga diberikan sanksi tilang. Kami dari Satlantas Polres Kediri Kota, sebelumnya sudah memberikan himbauan kepada para peserta konvoi, untuk mentaati peraturan di jalan raya. Namun masih ada peserta yang melanggar,” katanya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kediri Kota, AKP A Risky FC mengatakan, kegiatan konvoi Persik Kediri ini mendapat pengamanan dan pengawalan sebanyak 100 personil gabungan Polres Kediri Kota, baik dari Satlantas, Sabhara, Polsek dan Reskrim serta Intelkam.

Pengamanan dan pengawalan, dilakukan tim gabungan di beberapa titik. Juga dilakukan penyekatan di Simpang 4 Kodim sebelah Utara.

Menurutnya, petugas berhasil menilang sebanyak 45 pengendara motor peserta konvoi yang melanggar lalu lintas (Lalin), dengan jenis pelanggaran yang berbeda.

“Pengendara motor yang terlihat melanggar langsung ditepikan, diberi sanksi tilang. Sebanyak 45 pelanggar, dengan berbagai macam bentuk pelanggaran. Seperti, tidak pakai helm, tanpa SIM dan motor tidak spektek,” beber Kasatlantas.

Selanjutnya, kata Kasatlantas, para pengendara motor yang melanggar dikumpulkan di Mako Satlantas Polres Kediri Kota Jalan Brawijaya, Kota Kediri.

Lebih lanjut, Kasatlantas Polres Kediri AKP A Risky FC menghimbau, agar para pengendara yang terlihat masih belum cukup umur untuk tidak mengendarai motor.

“Dikarenakan, belum mengantongi ijin mengemudi, dan belum cukup umur serta bisa membahayakan diri sendiri dalam berkendaraan serta membahayakan pengendara lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, penindakan bagi pelanggaran pengendara motor yang belum cukup umur ini, untuk memberikan rasa aman, nyaman dan selamat di jalan raya.

“Yang terpenting, bertujuan untuk mencegah terjadinya laka, dan meminimalisir terjadinya angka kecelakaan yang terjadi pasca usai melawati perayaan tahun baru kemarin,” ungkapnya. (cahyo/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *