KPU Kota Kediri Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 untuk Pemilih Disabilitas

by -
KPU Kota Kediri saat melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada puluhan penyandang disalibitas yang berada di Kota Kediri, di rumah pintar KPU. (FOTO: CHY)

KEDIRI, urgensi.com – Rumah pintar KPU Kota Kediri, pada Sabtu (15/12/2018), mendadak dipadati puluhan penyandang disalibitas yang berada di Kota Kediri. Bukan ada persoalan. Tapi, mereka hadir di sana, untuk mendapatkan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Agus Rofiq mengatakan, hari ini, pihaknya melakukan sosialisasi Pendidikan Pemilu kepada kelompok disabilitas Kota Kediri. Dari kegiatan ini, diharapkan mereka akan memahami tentang tata cara melakukan pencoblosan yang tepat dan benar, saat menggunakan hak suara.

“Mereka punya hak yang sama meskipun mereka beda dengan yang lain. Selain kita jelaskan tata caranya dan bersosialisasi, kita juga langsung mempraktekan tata cara pencobloson yang tepat dan benar kepada mereka,” terangnya.

Gus Rofiq mengatakan, pihaknya juga akan mendukung Pemilu Aksesabilitas para disabilitas. “Kita harapkan penyelengaraan pemilu di tingkat KPPS bisa benar-benar memperhatikan bahwa mendirikan TPS tidak hanya melayani mereka orang-orang yang wajar biasa atau normal, tetapi TPS tersebut bisa ramah dengan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan target partisipasi masyarakat dalam Pemilu, dengan Suara Sah lebih meningkat dari sebelumnya. Karenanya, pihaknya getol melakukan sosialisasi, termasuk para penyandang disabilitas.

Sebagaimana di Undang-undang, lanjutnya, alat untuk para disabilitas terutama orang tidak bisa melihat, kita buatkan Tembletnya. Ini yang akan memandu mereka untuk pemilihan pada surat suara yang ada pada Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten maupun Kota.

“Tembletnya nanti bisa dipandu petugas penyelenggara pemilu di tingkat KPPS atau mereka bisa ajak keluarga yang dipercaya,” pungkasnya. (cahyo/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *