Ngaku Terlilit Hutang, Pemuda asal Nganjuk Nekad Gasak Uang Amal Masjid

by -
Tersangka pencurian uang di kotak amal masjid, beserta barang bukti, saat dirilis di Polres Trenggalek.

TRENGGALEK, urgensi.com – Mengaku terlilit hutang, ES (26) warga Dusun Begadung, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, nekad mencuri uang yang berada di kotak amal Masjid Al-Munawar yang terletak di Dusun Corah Mulyo, Desa Nglongsor, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

“Tersangka mengaku nekad mencuri uang kotak amal, karena terlilit hutang, sebesar Rp 50 juta,” kata AKBP Didit Bambang Wibowo, Kapolres Trenggalek, Kamis (4/10/2018).

Siang itu, ES mengincar kotak amal yang berada di serambi Masjid. Situasi lengang, dimanfaatkan ES untuk langsung membuka kotak amal, dan mengambil uang di dalamnya. Nahas, aksi ES terdengar oleh takmir masjid yang kebetulan rumahnya berada di sebelah masjid.

Sontak saja, sang takmir berteriak “maling”, dan dia keluar rumah menuju tempat kotak amal. Sejurus kemudian, warga sekitar juga berhamburan menuju TKP dan berhasil meringkus tersangka. Beruntung, warga yang berdatangan bisa meredam kemarahannya, lantaran ES langsung menyerahkan diri.

“ES diduga mencuri uang kotak amal Masjid Al Munawar dengan cara merusak kunci gembok kotak amal, menggunakan dua kunci pas,” jelas AKBP Didit.

Atas perbuatannya, tersangka kemudian dibawa warga ke Polsek Tugu dan kemudian ditindaklanjuti Polres Trenggalek. Selain itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa, uang tunai Rp 515.500, sebuah tas, sepeda motor, alat pemotong kaca, pecahan busi, gergaji, 7 buah ATM dan kartu identitas ES.

“Tersangka sudah beberapa kali melakukan pencurian yang sama, dan baru kali ini gagal. Tersangka dijerat Pasal 363 ayat (1) KUHP, dengan hukuman penjara maksimal 7 tahun,” tutup Kapolres AKBP Didit Bambang Wibowo. (nas/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *