Partisipasi Pemilu Kota Probolinggo, Lampaui Target Nasional

by -
Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, saat deklarasi pemilu damai di Alun-alun Kota.

PROBOLINGGO,urgensi.com – Partisipasi Masyarakat Kota Probolinggo dalam pemilu 2019 sebesar 87,58 persen. Jika dibanding target nasional yang 77,5 persen, tentunya lebih tinggi. Dari jumlah total pemilih 172.575 orang, warga yang menggunakan hak pilihnya sebesar 149.792 orang.

Dari data diatas, diketahui partisipasi tertinggi perempuan yakni, 89,07 persen, disusul laki-laki 86,2 persen. Dari 5 kecamatan yang ada diwilayah kota, partisipasi tertinggi kecamatan Kedopok sebesar 90,72 persen. Berikutnya Kecamatan Wonoasih 90, 22, Kademangan 88,76 persen, Kanigaran 85,32 persen, dan Kecamatan Mayangan 82,83 persen.

Hal tersebut diungkap Ahmad Hudri, ketua KPU setempat, sesaat sebelum acara deklarasi damai pemilu dimulai, Rabu (1/5) sore di alun-alun. Prosentase melampaui target nasional, selain sosialisasi yang dilakukan KPU, juga peran peserta pemilu yakni, partai politik (Parpol). KPU sendiri, menurut Hudri, telah melaksanakan sosialisasi sebanyak 70 kali.

Tempatnya bervariasi, mulai tingkat Kota hingga kelurahan dan di sekolah. Selain sosialisasi berbentuk dialog, KPU juga melakukan sosiliasasi berupa spanduk, baliho dan banner yang tersebar di sejumlah ruas jalan dan tempat-tempat strategis. “Kami juga menggelar sosialisasi mendatangkan music dan artis di alun-alun,” tambahnya.

Terkait pemilu tahun ini Hudri menyebut, berlangsung aman. Mulai dari pencoblosan hingga penghitungan tingkat KPU. Saat ditanya, kapan caleg terpilih akan disyahkan. Hudri mengatakan menunggu kabar dari KPU RI. “Hasil rekapnya sudah kami kirim ke KPU RI. Tinggal menunggu pengesahan Caleg terpilih. Nubnggu kabar dari KPU RI,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya diacara deklarasi Damai Pasca Pemilu 2019 Wali Kota Hadi Zainal Abidin Walikota mengatakan, pemilu diwilayahnya berlangsung aman dan lancar. Suasana seperti itu terwujud, atas dukungan dan partisipasi masyarakat, tokoh agama dan masyarakat serta peran ormas dan organisasi lain.

Karenanya,  wali kota menghaturkan terima kasih kepada seluruh warganya, yang telah tertib dalam pelaksanaan pemilu. Mulai dari massa kampanye, pencoblosan, penghittungan atau rekapitulasi di TPS, Kecamatan dan di KPU.  “Terima kasih kepada masyarakat. Yang telah mendukung pelaksanaan pemilu. Sehingga berlangsung tertib dan aman. Tidak ada gejolak meski ada perbedaan pendapat dan pilihan,” terangnya

Hal senada juga diungkap kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal. Menurutnya, pelaksanaan pemilu di wilayahnya berlangsung tertib, aman dan lancar. Termasuk diwilayah Polresta yang masuk wilayah Kabupaten Probolinggo, terutama di Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih. ‘ Kalah menang dalam pesta demokrasi harus diterima. Ini yang dipahami oleh warga kami. Sehingga, pemilu aman dan lancar,” tandasnya singkat.

Acara deklarasi pemilu damai berlangsung dialun-alun.  Diikuti dan dihadiri TNI, POLRI, Parpol, MUI, FKUB dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas). Termasuk Ketua KPU Achmad Hudri, Ketua Bawaslu Azam Fikri. Hadir pula Wakil Wali Kota HMS. Subri, Dandim 0820 Letkol Inf.Imam Wibowo, Ketua MUI Kota KH Nizar, Ketua FKUB, dan Ketua Gereja Romo Hugo, Turut hadir, Caleg terpilih dan anggota DPRD serta ketua Partai Politik. (mj/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *