Pelayanan Publik Dinilai Sangat Baik, Polres Gresik Terima Penghargaan KemenPAN-RB

by -
Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S Bintoro saat menerima piagam penghargaan dari KemenPAN-RB, berupa unit penyelenggara pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

GRESIK, urgensi.com – Pada penghujung tahun 2018, Polres Gresik memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berupa unit penyelenggara pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

Sebelumnya, KemenPAN-RB melakukan evaluasi pelayanan di Polres seluruh Indonesia. Hasilnya, selain Polres Gresik, ada 20 Polres di seluruh Nusantara yang memperoleh penghargaan yang sama dari Kemenpan-RB terkait dengan pelayanan publik.

Polres Gresik dinilai kategori sangat baik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), sebagai unit penyelenggara pelayanan publik.

Ke-21 Polres yang menerima evaluasi terbaik dalam pelayanan publik 2018 ini, diantaranya, Polres Gresik, Polresta Sidoarjo, Polres Cirebon, Polres Kendari, Polres Sukabumi Kota, Polres Karawang, Polres Ogan Komering Ulu, Polresta Banjarmasin, Polres Singkawang.

Selanjutnya, Polres Subang, Polresta Palembang, Polres Banyuasin, Polres Solok kota, Polresta Surakarta, Polres Banjarbaru, Polresta Barelang, Polres Tuban, Polres Malang Kota, Polres Banyuwangi, dan Polrestabes Surabaya.

Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan, penghargaan ini merupakan upaya Polres dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. “Penghargaan ini sebagai motivasi serta mewujudkan memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat,” ujarnya, Selasa (11/12/2018).

Raihan prestasi ini, Polres Gresik telah mengaplikasikan 8 layanan untuk meningkatkan pelayanannya. Kedelapan layanan itu, diantaranya Creative Augmented Reality Education(CARE). Selanjutnya, one gate system, coaching clinic, cashless payment system (CPS), antrian elektronik, IKM Elektronik, fasilitas difabel, dan ruang laktasi.

Kapolres Wahyu menjelaskan, seluruh proses pelayanan itu terus dipantau dinilai secara berjenjang apakah pantas, dan lolos memenuhi standar.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses penilaian serta evaluasi aplikasi layanan kami dinilai sangat baik oleh Kemenpan-RB,” ujarnya.

Meski telah dinilai kategori sangat baik oleh Kemenpan-RB, pihaknya tidak langsung berpuas diri. Sebaliknya hal ini dijadikan cambuk untuk lebih meningkatkan pelayanan. “Bagi kami, pelayanan terhadap masyarakat tetap dikedepankan,” pungkas AKBP Wahyu S Bintoro. (irw/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *