Pemdes Surokidul Tegal, Gunakan Dana Desa untuk Padat Karya Tunai

by -
Kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) berupa normalisasi saluran air dan pembuatan bahu jalan usaha tani, di Desa Surokidul, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (25/12/2018). (FOTO: DAR)

TEGAL, urgensi.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Surokidul, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (25/12/2018) melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) berupa normalisasi saluran air dan pembuatan bahu jalan usaha tani.

Menurut keterangan dari pihak desa, dua kegiatan PKT tersebut, bersumber dari Dana Desa (DD) tahap tiga tahun anggaran 2018 yang masing-masing menghabiskan anggaran sebesar Rp 84.140.000 untuk pembuatan bahu jalan usaha tani, dan Rp 64.275.000 untuk kegiatan normalisasi saluran air.

Terkait kegiatan PKT, salah satu Pendamping Desa P3MD ( Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kecamatan Pagerbarang, Iman Fikriyani, Rabu (26/12), di kantornya menuturkan, kegiatan ini memberikan kesempatan kerja bagi warga desa yang menganggur, atau setengah menganggur untuk ikut dalam kegiatan PKT.

“Karena kegiatan yang berlangsung sejak Sabtu 22 Desember 2018 itu bila melihat rencana anggaran biaya (RAB) yang ada membutuhkan lebih dari seribu HOK (hari orang kerja),” kata Iman.

Iman menambahkan, program PKT merupakan implementasi dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yang mengharuskan penggunaan DD 2018, tiga puluh persen dari anggaran tersebut untuk tenaga kerja. Sebab itulah, pihak desa wajib mengalokasikan Dana Desa untuk kegiatan berbasis padat karya agar warga desa ikut merasakan manfaat dari DD.

Salah seorang pekerja yang ikut dalam kegiatan PKT, Siswo, kepada urgensi.com menuturkan, kegiatan padat karya ini sangat bermanfaat terutama bagi warga desa yang sedang menganggur.

“Lumayan lah… ada pemasukan untuk keluarga. Semoga ada kegiatan seperti ini terus,” kata Siswo berharap.

Para pekerja yang ikut dalam kegiatan PKT, menurut pihak desa Surokidul, dibayarkan 2 hari sekali. Mereka diwajibkan mengisi daftar hadir pekerja, saat datang dan ketika mau pulang. (darojat/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *