Polisi Sahabat Anak, Berikan Materi Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

by -
Anggota Polisi dan Polwan Satlantas Polres Kediri, saat memberikan materi tentang rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak. (FOTO: CHY)

KEDIRI, urgensi.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kediri menggelar acara Polisi Sahabat Anak (Polsanak) di Lapangan Indoor, Mapolres Kediri (12/12/18). Acara tersebut, diikuti anak-anak RA Plus Nadhatul Ulama Maduretno, Kecamatan Papar, dan Play Group MI Besuk Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

Program Polisi Sahabat Anak (Polsanak) ini, sebagai bentuk wujud nyata kepedulian Polres Kediri kepada masyarakat khususnya anak-anak usia dini, dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada anak-anak untuk tertib berlalu lintas di usia dini.

Dipandu anggota Polisi dan Polwan Satlantas Polres Kediri, mereka memberikan materi pengenalan tentang macam-macam fungsi yang ada di Kepolisian dan materi pembinaan sejak usia dini tentang pengenalan rambu-rambu lalau lintas dan tertib berlalu lintas di jalan raya dengan memperkenalkan secara langsung kepada anak-anak tentang rambu-rambu lalu lintas.

Melalui kegiatan ini, berharap sejak usia belia mereka sudah memahami dan mengerti aturan berlalu lintas sehingga dapat membentuk kedisiplinan berlalu lintas dan dapat membentuk karakter tertib yang dapat dibawa sampai dewasa.

“Kita mengharapkan kedepannya anak-anak ini bisa menjadikan disiplin lalu lintas sebagai kebutuhan,” tutur AKBP Roni Faisal Saiful Faton, Kapolres Kediri.

Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya untuk mendekatkan anak-anak kepada polisi, sehingga anak-anak tidak akan menghindar atau menangis jika melihat polisi.

‘Maka dari itu kita melaksanakan program polisi sahabat anak. Program itu lebih populer dengan istilah Polsanak. Adapun tujuannya antara lain melatih kedisiplinan serta menanamkan sikap santun di jalan raya kepada anak sejak dini. Program ini dilaksanakan sekarang, kita yakini akan bermanfaat bagi anak kelak saat dewasa,” terang AKP Hendry Ibnu Indarto, Kasatlantas Polres Kediri.

Anak-anak dengan antusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang dipandu polisi dan Polwan yang membimbing mereka bernyanyi dan bermain bersama. Selanjutnya mereka berfoto bersama Kapolres dan anggota Satlantas Polres Kediri.

Kepala RA Plus Nadhatul Ulama Maduretno Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri Ibu Umi Kasanah menerangkan, pihaknya berterima kasih kepada pihak Satlantas Polres Kediri yang telah membantu pihak sekolah memperkenalkan para murid-murid TK tentang tertib berlalu lintas.

“Anak-anak tentunya di dalam dirinya tertanam bahwa polisi adalah sahabat mereka bukan orang yang perlu ditakuti,” kata Umi Kasanah. (cahyo/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *