Tangkal DBD, Pelajar SMPN 2 Gurah Kediri Galakkan Lotionisasi dan Buat Rajangan Serai

by -
Kegiatan lotionisasi dan pembuatan rajangan serai, yang dilakukan pelajar SMPN 2 Gurah, Kabupaten Kediri.

KEDIRI, urgensi.com – Untuk menekan perkembangbiakan nyamuk, serta menghindari gigitan nyamuk penyebab penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue), sebanyak 898 siswa SMPN 2 Gurah, Kabupaten Kediri, melakukan lotionisasi (pemakaian lotion) anti nyamuk, Jumat (8/2/2019).

Disamping itu, pihak sekolah juga membuat rajangan serai untuk mengusir nyamuk dengan memasangnya di setiap ruangan, baik ruang guru, UKS, maupun ruang-ruang tempat aktivitas para pegawai.

Salah satu paramedis SMPN 2 Gurah, Widya Watiningsih mengatakan, gerakan ini sudah sekitar sebulan berjalan. Mengingat, musim pancaroba seperti ini kasus DBD yang semakin meningkat. Untuk itu, perlu dilakukan upaya pencegahan.

Selain itu, pihaknya juga mengerakkan tim UKS di sekolahnya setiap hari Jumat, untuk melakukan pemantauan jentik-jentik nyamuk yang mungkin ada di genangan air hujan di sekolah.

“Kegiatan ini akan terus dimaksimalkan untuk setiap ruangan. Sementara memasang rajangan serei, dilakukan secara bertahap. Dengan menggantinya tiga hari sekali, sampai situasi menurun. Serei dengan bau yang khas bisa mengusir nyamuk,” paparnya.

Sejauh ini, terobosan yang dilakukan pihak sekolah yang pernah menyabet juara Adiwiyata ini bisa menjadi pioner atau percontohan yang bisa dilakukan di sekolah lain. Ini sesuai arahan dari Kepala Dinas Pendidikan yang berupaya semaksimal mungkin agar DBD tidak menyerang siswa. (cahyo/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *