Tinjau Bangunan Ponpes di Gresik yang Ambruk, Kapolda Jatim Segera Kirim Tim Labfor

by -
Kapolda Jatim saat meninjau langsung bangunan Ponpes Putri Al-Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, yang ambruk.

GRESIK, urgensi.com – Ambruknya bangunan di Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Al-Azhar yang berlokasi di Jalan PJKA Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, membuat Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Abdusshomad Buchori, meninjau bangunan Ponpes, Rabu (28/11/2018).

Pada kesempatan ini, Kapolda Jatim beserta pejabat utama Polda Jatim, didampingi Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, dan OPD Kabupaten Gresik, bersama sejumlah pengurus Ponpes Al-Azhar, secara langsung mengamati puing-puing bangunan Ponpes yang ambruk.

“Kedatangan saya bersama Ketua MUI Jatim untuk meninjau langsung ke lokasi bangunan Ponpes Putri Al-Azhar yang Ambruk” terang Kapolda Jatim.

Selain itu, Kapolda mengatakan, kedatangannya untuk berdoa bersama agar para santriwati diberikan kesabaran dan kekuatan untuk tetap mondok, serta mendoakan agar Ponpes bisa segera kembali dibangun.

Kapolda Irjen Luki mengaku, belum mengetahui secara pasti penyebab ambruknya Ponpes Putri Al-Azhar ini. Pihaknya berjanji, akan segera mengerahkan tim Labfor untuk menyelidiki penyebab ambruknya bangunan berlantai 4 tersebut.

“Kami akan mengirimkan tim Labfor Polda Jatim untuk mengetahui penyebabnya,” tegas Kapolda Jatim.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Irjen Luki juga memberikan bantuan untuk pembangunan Ponpes yang langsung diterima oleh Pimpinan Ponpes KH Imam Bukhori.

Sementara itu, Kapolres Gresik mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab, 4 jam sebelum kejadian, sebanyak 107 santriwati telah direlokasi ke tempat penampungan sementara di Ponpes Mboteng, Kecamatan Menganti, Gresik.

Hanya saja, ada satu rumah warga yang terkena dampak robohnya bangunan Ponpes Al-Azhar, yakni rumah milik Ridwan, warga setempat.

Kapolres juga menyatakan, akan mendukung pembangunan Ponpes, dengan memberikan pendampingan pengurusan IMB dan dukungan lainnya.

Selain itu, setelah pemeriksaan oleh Tim Labfor, anggota Polres bekerjasama dengan tiga pilar dan masyarakat setempat, akan segera membersihkan puing puing bangunan yang runtuh, sehingga Ponpes bisa segera dibangun kembali.

“Kami akan terus melakukan penyelidikan dengan memeriksa beberapa saksi dan pekerja bangunan, untuk mengetahui secara pasti penyebab ambruknya bangunan tersebut. Serta meminta ahli dari Puslabfor Polda Jatim sesuai arahan Bapak Kapolda Jatim,” pungkas Kapolres AKBP Wahyu S Bintoro. (irw/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *