Tren Perilaku Konsumen Masa Kini

by -
Ilustrasi

Oleh : Ramadhani Bagus Permadi
(Mahasiswa jurusan Manajemen di Universitas Muhammadiyah Malang, asal Jombang)

Seiring berjalannya waktu, pasti tak asing lagi dengan smartphone yang hampir semua kalangan memilikinya mulai dari anak-anak, dewasa, dan bahkan tua pun juga punya. Kini teknologi sangat berkembang pesat terutama dalam bidang smartphone, karena dalam smartphone banyak fitur-fitur yang dapat dinikmati dan sangat praktis sekali.

Jumlah pengguna smartphone yang terus bertambah dari waktu ke waktu menujukkan pula konsumsi masyarakat juga bertambah. Salah satunya fitur aplikasi yang banyak digandrungi oleh para konsumen yaitu toko online atau e-commers yang sekaligus menjadi salah salah faktor dari naiknya konsumsi masyarakat, dengan fitur tersebut masyarkat dapat memilih apapun yang mereka cari mulai dari produk elektronik, fashion, makanan & minuman, dan masih banyak produk yang ditawarkan tanpa perlu pergi keluar rumah untuk pergi ke mall, pasar, toko ataupun yang lainnya. Kemudahan ini, dapat menyebabkan dampak baik dan pastinya juga ada dampak buruk terhadap masyarkat Indonesia.

Masyarakat kebanyakan mencari barang kebutuhannya dan keinginannya murah, praktis, dan mudah untuk dicari. Dengan fitur toko online lah setiap individu dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya. Teruntuk masyarkat Indonesia yang bekerja dikantor atau yang mempunyai pekerjaan super sibuk sekali memilih mencari alternative untuk memenuhi kebutuhannya dengan mudah dan praktis dengan fitur toko online tersebut.

Selain itu, cara pembayarannya pun cukup mudah hanya dengan transfer saja atau bisa menggunakan fitur m-bangking yang tanpa harus pergi ke atm, setelah berhasil membayar maka belanja akan segera diproses dan dalam beberapa hari barang belanjaan akan diantar oleh kurir ke alamat rumah pemesan.

Data dari e-commerce tanah air menunjukkan rata-rata pengunjung mobile atau aplikasi telah mencapai angka 87 persen. Salah satu toko online yaitu shoope yang terus mengembangkan fiturnya untuk lebih mempermudah dalam berberbelanja online.

Tidak hanya barang-barang seperti pakaian, alat elektronik, dan makanan tapi ini juga tersedia layanan pemesanan tiket pesawat, kereta, dan bus yang sangat memudahkan masyarkat yang tanpa harus mengantri memesan tiket. Mudahnya jangkauan itu merubah masyarkat yang awalnya cenderung belanja manual bergesar ke online. Perubahan pola perilaku belanja ini juga ditunjukkan dengan volume transaksi e-commerce yang meningkat.

Laporan tahunan yang dikeluarkan We Are Social menunjukkan, persentase masyarakat Indonesia yang membeli barang dan jasa secara online dalam kurun waktu sebulan di 2017 mencapai 41 persen dari total populasi, meningkat 15 persen dibanding tahun 2016 yang hanya 26 persen. Diperkirakan presentase tersebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu karena teknologi juga semakin berkembang dan mempermudah dalam pengaksesan toko online.

Banyaknya para pelaku konsumen yang menggunakan toko online tentunya berpengaruh terhadap para pengusaha lokal atau offline. Kini mereka tak hanya memasarkan produknya secara offline tetapi juga online yang dapat melakukan penghematan dari pengadaan dana untuk pemasaran produknya. Disamping itu, terdapat banyak pula dampak baik terhadap kecenderungan dalam pemakain toko online.

Dampak baik dari banyaknya penggunaan toko online di Indonesia adalah lebih efisien dari transaksi manual, pendapatan negara akan bertambah karena para pembisnis online tidak hanya memasarkan produknya dalam negeri saja tetapi juga luar negeri sehingga dapat menambah devisa negara selain itu bagi masyarakat pengganguran dapat memanfaatkan toko online sebagai alternatif untuk memulai bisnis dengan mudah, dapat memanfaatkan media sosial dengan baik sebagai media promosi produk dan masih banyak dampak atau manfaat baik bagi masyarakat yang melakukan transaksi online maupun yang membuka bisnis online.

Ternyata disisi lain banyaknya manfaat dari penggunaan toko online ini, juga terdapat dampak buruk yaitu banyaknya oknum penipuan, peretasan transaksi keungan, barang yang dipesan tidak sama atau kerusakan barang karena pengiriman, memunculkan sifat yang konsumtif pula karena akan cenderung ingin belanja terus menerus di toko online, sifat malas akan muncul karena kita hanya menunggu barang pesanan datang, beberapa toko online akan menaikkan harganya dari harga normal sehingga kita harus cerdas dalam memilih dan menjadi konsumsen dan harus pintar-pintar dalam memilih toko online.

Selain kemudahan-kemudahan yang disuguhkan ternyata masih banyak masalah yang harus ditangani dalam pengelolaan toko online dari berbagi sudut pandang mulai dari para masyarakat, konsumen, dan para pengusaha bisnis online itu sendiri. Masih banyak kendala dan masalah yang dirasakan dapat menggangu lancarnya konsumen dan para pengguna bisnis online. Namun, permasalahan tersebut pastinya tetap ada jalan keluar beserta solusi yang dapat dilakukan. Pada intinya seorang konsumen harus cerdas memilih toko dan produk serta menguransi sifat komsumtif terhadap barang yang akan dibeli terlebih harus teliti. dan waspada dalam melakukan setiap transaksi. Untuk seorang pengusaha bisnis online pun harus berani memulai usahanya, memiliki strategi jitu, daya tarik tersendiri, dan dapat meningkatkan daya beli sehingga dapat memikat para konsumen, yang terpenting dari pengguna bisnis adalah harus selalu menjunjung tinggi kujujuran dan kebijaksanaan dalam berbisnis online.

Tidak hanya konsumen dan pengusah bisnis online yang harus menangani masalah-masalah yang ada dalam bisnis online, namun pemerintah juga harus turun tangan demi terciptanya dunia bisnis yang aman dan saling menguntungkan antara konsumen dan pengusaha bisnis online. Pemerintah dapat membentuk suatu lembaga atau badan khusus yang mampu mengendalikan dan mengawasi jalannya bisnis online. Pemerintah juga harus membuat suatu Undang-Undang resmi tentang bisnis online agar para pengguna bisnis online agar memeliki efek jera untuk melindumgi hak dan kewajiban sebagai konsumen dan juga pegusaha bisnis online.

Tren konsumen seperti ini tentunya berpengaruh besar terhadap perekonomian di Indonesia. Dengan banyaknya masyarakat yang memenuhi kebutuhannya di toko online dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola pikir masyarakat Indonesia yang masih tradisonal menuju ke pemikiran yang modern atau masa kini. Selain itu, Indonesia sebagai negara berkembang juga berusaha untuk meningkatkan perekonomiannnya, tentu saja membutuhkan sektor perekonomian yang baru. Toko online lah merupakan salah satu sektor perekonomian yang baru tersebut.

Perkembangan toko online yang cukup pesat, karena konsumen juga terus bertambah yang otomatis toko online juga akan bertambah, karena dalam melakukan bisnis online tidak memerlukan biaya yang begitu besar sebagai tempat usaha. Sebagai generasi masa kini, kita harus dapat menyikapi hal tersebut dengan baik dan selalu mengikuti perkembangan zaman untuk menuju perekonomian Indonesia lebih baik lagi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *