Turun Jalan, Harpi Krian Galang Bantuan untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

by
Anggota Harpi Melati Ranting Krian, saat turun jalan menggalang bantuan untuk korban gempa Palu, Sigi dan Donggala. (FOTO: INT)

SIDOARJO, urgensi,com – Gempa berkekuatan 7,7 SR, disertai Tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Peristiwa bencana alam yang terjadi Jumat (28/9/2018) lalu, mengundang empati banyak warga, kelompok/komunitas, baik dalam maupun luar negeri, untuk menggalang bantuan.

Salah satunya, seperti dilakukan HARPI Melati (Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia ) Ranting Krian, Sidoarjo. Dengan mengetuk pintu hati para pengedara dan warga sekitar, mereka menyodorkan sebuah kardus bekas bertulis “Peduli Palu dan Donggala”, sebagai tempat sumbangan sukarela.

“Alhamdulillah, di hari pertama kita turun ke jalan, pada Sabtu (13/10/2018), sudah banyak bantuan yang masuk kepada kita berupa uang. Begitu juga pada hari kedua Minggu (14/10/2018), kawan-kawan masih tetap semangat turun ke jalan menjemput sumbangsih dari setiap warga Krian, dan hari ini kita turun ke jalan tepatnya hari ketiga, semoga bantuan semakin bertambah,” kata Reza, salah satu anggota HARPI Ranting Krian.

Selama dua hari turun jalan, sumbangan yang terkumpul cukup besar, yakni mencapai Rp 3,5 Juta. Menurutnya, sumbangan tersebut bisa bertambah untuk turun jalan di hari ketiga.

“Total sumbangsih dari berbagai kalangan yang digelar selama hari pertama dan kedua, yakni Rp 3,5 Juta. Uang bantuan titipan masyarakat tersebut akan dikirim melalui rekening posko penerima bencana alam yang ada di Donggala, Kota Palu,” tambah ibu Reza.

Sekedar informasi, HARPI Melati merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan tidak terlepas dari peran budaya di dalamnya. Tujuan berdirinya HARPI Melati, berhubungan dengan peningkatan kualitas perias pengantin sebagai Sumber Daya Manusia, dan pengembangan serta pelestarian budaya Indonesia khususnya dibidang Seni Rias Pengantin termasuk adat-adatnya. (intan/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *