Warga Muneng Purwoasri Geruduk Kantor Desa, Tuntut Transparansi Dana Desa

by -
Slamet Ashari, Kepala Desa (Kades) Muneng, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. (FOTO: PRAS)

KEDIRI, urgensi.com – Puluhan warga Desa Muneng, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, menggruduk kantor desa setempat, Senin (18/2/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Praktis, unjukrasa yang dilakukan puluhan warga tersebut mendapat pengawalan pihak kepolisian.

Dalam orasinya, mereka menuntut transparansi penggunaan dana yang dikelola Pemerintah Desa (Pemdes) Muneng, terutama Dana Desa (DD). Mereka menilai, selama ini warga banyak tidak mengetahui realisasi pembangunan yang dilakukan pihak Pemdes.

Sekitar satu jam melakukan orasi, pihak Pemdes Muneng akhirnya bersedia melakukan mediasi kepada warga yang menggelar aksi unjukrasa.

Kepala Desa (Kades) Muneng, Slamet Ashari menjelaskan, jika phaknya akan memperlihatkan rincian pembangunan, termasuk rincian Dana Desa (DD) kepada warga yang ingin tahu bagaimana penggunaan anggaran DD selama ini.

“Untuk bangunan kurang transparan tidak sesuai, mohon diklarifikasi. Disini kami sudah menyiapkan data-data mulai tahun 2016, 2017, 2018. Jika warga ingin melihat silahkan. Tapi kalau diminta fotocopy data tersebut, kami keberatan. Karena semua itu ada aturannya,” kata Kades Slamet.

Meski didemo warga, pihaknya menyampaikan apresiasi dan berterima kasih, karena warga sudah peduli dengan Pemdes Muneng, dalam melakukan kontrol.

“Ini menjadi kontrol kami, agar di tahun-tahun berikutnya, kita bisa mengelolanya lebih akurat lagi,” ujar Kades.

Mendapat tanggapan dari Kades, tak lama kemudian warga yang berunjukrasa, membubarkan diri dengan tertib.

Terpisah, Plt Camat Purwoasri, Mudasir mengatakan, jika kejadian ini kemungkinan dipengaruhi faktor suasana politik. Sebab, tahun ini direncanakan ada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Kediri secara serentak.

“Tapi, kita masih belum tahu kapan digelarnya Pilkades itu. Kita masih menunggu info dari Pemkab Kediri,” kata Camat kepada urgensi.com. (pras/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *