Wartawan Kediri Gelar Aksi Solidaritas, Tuntut Prabowo Minta Maaf

by -
Sejumlah wartawan Kediri. saat menggelar aksi solidaritas, menuntut Prabowo meminta maaf atas statemennya beberawa waktu lalu yang dinilai menghina profesi jurnalis. (FOTO: CHY)

Wartawan Kediri Gelar Aksi Solidaritas, Tuntut Prabowo Minta Maaf

KEDIRI, urgensi.com – Puluhan Wartawan Kediri menggelar Aksi Solidaritas di Bundaran Patung Sodanco, Jalan KDP Slamet, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Rabu (12/12/2018) siang.

Dalam aksinya, mereka membawa poster bertuliskan Save Jurnalis, Boikot Pemeberitaan Prabowo, Satu Kata Lawan, Prabowo Harus Minta Maaf ke Jurnalis, Prabowo Lecehkan Jurnalis.

Aksi puluhan Wartawan Kediri yang tergabung dalam Paguyuban Jurnalis Kediri ini, menuntut Prabowo meminta maaf, terkait statemennya yang melecehkan jurnalis beberapa waktu lalu yang sempat viral di media sosial.

Bambang, salah satu kordinator aksi mengatakan, digelarnya aksi solidaritas terhadap sesama jurnalis wartawan ini, lantaran tidak nyaman dengan statemant Prabowo beberapa waktu lalu. Dimana pernyataan Prabowo pada Rabu (5/12/18) lalu yang menuduh “Jurnalis sebagai antek orang yang mau menghancurkan NKRI”. Dan pernyataan untuk tidak lagi menghormati jurnalis adalah pernyataan yang sangat tendensius, menebar ujaran kebencian, mengadu domba dan menghina profesi jurnalis.

“Prabowo harus diingatkan bahwa Pers adalah pilar demokrasi keempat setelah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif dalam kehidupan bernegara,” ucapnya.

Mengkritik profesi jurnalis tidak masalah, itu boleh saja dan sah dalam era demokrasi. Namun, sebagai negara demokrasi yang berdasarkan hukum, maka setiap kritik dan koreksi punya mekanisme dan jalur yang harus ditempuh.

Terpisah, Hartono salah satu jurnalis mengatakan, aksi ini bentuk keprihatinan terhadap sesama jurnalistik dan bentuk solidaritas untuk meminta Prabowo meminta maaf terkait statemen itu.

“Pada intinya, kita memberikan kearifan yang bijak. Sebagai kaum jurnalis, kami sangat prihatin terhadap statemen Bapak Probowo,” ucap Hartono menambahkan. (cahyo/urg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *